Penyebab, Gejala, Penanganan dan Pencegahan Hamil Anggur

Ibunda Sehat kali ini berbagi artikel tentang Penyebab, Gejala, Penanganan dan Pencegahan Hamil Anggur
Sebenarnya gejala hamil anggur hampir sama dengan kehamilan yang normal. Hamil anggur merupakan kehamilan abnormal, yaitu kegagalan pembentukan calon janin yang membentuk membran seperti gerombolan buah anggur. Hamil anggur ini sebenarnya adalah tumor jinak. Hamil anggur atau molahidatidosa ini merupakan kehamilan abnormal yang disebabkan oleh sel telur yang tidak tumbuh dengan normal. Sel telur yang telah dibuahi tumbuh dan berkembang sangat cepat dan liar dan membentuk gelembung-gelembung seperti buah anggur. Sebenarnya di dalam rahim wanita yang mengalami hamil anggur isinya bukan janin, melainkan gelembung-gelembung mola tersebut.

Penyebab, Gejala, Penanganan dan Pencegahan Hamil Anggur

Penyebab
Faktor penyebab yang mengakibatkan hamil anggur yaitu kekurangan vitamin A, nutrisi yang masuk ke tubuh kurang baik, kualitas ovum dan sperma yang tidak baik, penyakit darah tinggi, meninggalnya janin di dalam rahim, dan konsumsi makanan rendah karoten, protein, dan asam folat.

Gejala
Gejala hamil anggur yang umum terjadi yaitu mual dan muntah terus-menerus, kadar HCG meningkat dibandingkan dengan kadar HCG saat hamil normal, terjadi anemia yang ditandai dengan adanya bercak darah, tidak ada gerakan janin dalam kandungan walaupun perut semakin membesar, dan saat pemeriksaan radiologis tidak terlihat adanya tulang pada janin.

Penanganan
Penanganan yang dilakukan untuk mengatasi hamil anggur yaitu, dokter akan melakukan kuretase yang dilanjutkan dengan monitoring dan follow up. Jika tidak dilakukan tindakan ini dengan segera, maka kehamilan anggur ini akan berkembang menjadi ganas.

Pencegahan
Untuk mencegah terjadinya hamil anggur yaitu, dengan melakukan pemeriksaan saat mengalami gejala hamil anggur seperti di atas. Dengan pemeriksaan ke dokter kita juga dapat mengetahui apakah kehamilan tersebut normal atau tidak. Untuk pencegahan kehamilan anggur, anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Konsumsi Vitamin A
Mencegah lebih baik daripada mengobati, untuk itu mulai dari awal menikah sebaiknya senantiasa menjaga kesehatan. Caranya yaitu dengan makan makanan yang banyak

mengandung vitamin A, seperti sayuran buah-buahan. Karena salah satu penyebab terjadinya hamil anggur karena kekurangan vitamin A. Vitamin A dapat diperoleh dari sayuran seperti wortel. Dari dahulu wortel adalah sayuran yang sangat digemari banyak orang karena kandungan vitamin A nya yang tinggi. Vitamin A juga sangat baik untuk kesehatan mata.

2. Konsumsi Makanan Dengan Gizi Tinggi
Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung gizi tinggi untuk memberikan nutrisi sperma dan ovum. Makanan untuk memberikan nutrisi pada ovum dan sperma diantaranya daging merah, kacang-kacangan, taoge, susu, ikan, dan yang lainnya. Usahakan nutrisi seperti karbohidrat, protein, vitamin, mineral, kalsium serta nutrisi lainnya tercukupi dengan baik setiap harinya.

3. Hindari Penyakit Darah Tinggi
Hindari penyakit darah tinggi dengan selalu berpikiran positif, tidak mudah emosi. Selain itu hindari pula makanan yang banyak mengandung kolesterol serta lemak yang berlebih, karena makanan tersebut dapat memicu timbulnya darah tinggi. Untuk menghindari darah tinggi Anda dapat melakukan latihan napas. Latihan napas sangat bermanfaat untuk menenangkan pikiran. Saat hamil ibu juga perlu untuk refreshing dengan berlibur dan bersantai. Ibu hamil dapat berlibur ke pantai, karena suasana pantai yang tenang juga akan membuat pikiran dan hati menjadi rileks.

4. Perbanyak Protein
Perbanyak makanan yang mengandung protein, seperti ikan, daging, dan kacang-kacangan. Makanan ini dapat memberikan nutrisi yang baik untuk calon janin di dalam kandungan. Sertakan pula makanan yang banyak mengandung betakaroten dan asam folat.

Kandungan asam folat bermanfaat untuk membantu pembentukan sel-sel baru serta dapat mencegah terjadinya cacat pada janin dalam kandungan. Semoga informasi di atas tentang penyebab dan gejala hamil anggur, serta penanganan dan pencegahannya bisa bermanfaat.