Pilihan Olahraga Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Ibunda Sehat kali ini berbagi artikel tentang Pilihan Olahraga Yang Baik Untuk Ibu Hamil
Olahraga untuk ibu hamil. Jika ibu hamil kerap melakukan olahraga secara teratur dan rutin, maka akan dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap kesehatanya dan juga janin yang ada dalam kandungan. Dengan teratur berolahraga, ibu hamil akan merasakan rileks dan nyaman. Karena oksigen akan tersalurkan dengan baik, sehingga akan memberikan kenyamanan bagi sang ibu hamil. Selain itu, tubuh ibu hamil akan tetap fit dan berenergi, walaupun melakukan aktivitas seperti biasanya. Perlu untuk anda ketahui, ternyata dengan berolahraga secara teratur, bukan hanya kesehatan ibu dan janin saja yang bisa di dapatkan. Akan tetapi olahraga juga itu merupakan cara yang ampuh dan efektif untuk merangsang agar waktu persalinan menjadi mudah dan lancar.

Pilihan Olahraga Yang Baik Untuk Ibu Hamil

Olahraga yaitu melakukan suatu aktivitas psikis atau fisik, yang dilakukan dengan tujuan untuk memberikan manfaat kesehatan jasmani dan juga kesehatan rohani. Seorang ibu hamil, tidak boleh sembarangan memilih jenis olahraga. Karena tidak semua jenis olahraga boleh dilakukan oleh ibu hamil. Ibu hamil hendaknya melakukan olahraga yang ringan saja, ini bertujuan untuk menjaga janin yang ada dalam kandungan. Kriteria olahraga untuk ibu hamil ternyata bervariasi dan memiliki beberapa macam model atau jenis. Berikut beberapa diantaranya yang bisa anda pilih:

1. Berenang
Dengan berenang, maka akan memberikan manfaat yang luar biasa untuk sang ibu hamil. Ini karena tekanan air pada tubuh saat berenang sangat baik untuk kesehatan, terutama untuk melatih dan merangsang jantung agar dapat bekerja dengan sehat. Sehingga resiko kecelakaan saat hamil akan dapat teratasi dengan mudah.

2. Jalan-jalan
Olahraga ringan seperti berjalan juga dapat memberikan sesuatu dampak yang positif terhadap kesehatan sang ibu hamil dan juga janin yang ada dalam perutnya. Dan olahraga ringan seperti berjalan-jalan ini adalah salah satu olahraga yang paling baik dan sangat di anjurkan oleh para dokter ataupun bidan. Sebaiknya anda melakukan olahraga untuk ibu hamil ini saat memasuki trimester ketiga, agar supaya posisi janin dapat masuk ke jalan lahir. Olahraga ini bisa dilakukan pada pagi hari maupun sore hari. Anda bisa melakukannya tanpa menggunakan alas kaki, agar bisa lebih rileks.

3. Senam jongkok
Untuk menambah kekuatan pada paha sang ibu hamil, anda dapat melakukan olahraga untuk ibu hamil yaitu senam jongkok. Selain itu, olahraga senam jongkok juga dapat meregangkan panggul, sehingga nanti saat persalinan akan menjadi lebih mudah dan lancar. Caranya yaitu dengan posisi tubuh anda berdiri dan luruskan punggung. Lalu perlahan turunkan badan anda dari atas kebawah sampai dengan berposisi jongkok, kemudian kembali lagi ke posisi berdiri. Lakukan cara tersebut berulang-ulang semampu anda. Jika anda sudah merasa lelah, maka istirahatah dan bisa dilakukan kembali saat anda merasa sudah cukup kuat dan tidak capek. Sebaiknya melakukan olahraga ini saat trimester ketiga.

4. Yoga
Yoga merupakan olahraga yang cocok untuk ibu yang akan segera melahirkan. Jenis olahraga ini dapat dijadikan pilihan utama karena sangat ringan dan tidak memerlukan banyak energi untuk melakukanya. Olahraga yoga ini dapat mengurangi ketegangan, memberikan rasa mood dan juga dapat melatih otot-otot supaya tidak tegang saat dalam proses persalinan, sehingga akan lebih lancar. Anda bisa melakukan olahraga ini setiap hari dengan bantuan instruktur yoga kepercayaan anda.

5. Sepeda statis
Cara lain yang baik untuk memperlancar oksigen ke otak sang bayi selain dengan berjalan-jalan adalah dengan mencoba bersepeda statis. Anda cukup melakukan olahraga untuk ibu hamil ini selama 10 sampai 15 menit rutin setiap harinya.