Manfaat dan Keistimewaan Yogurt Untuk Ibu Hamil

Ibunda Sehat kali ini berbagi artikel tentang Manfaat dan Keistimewaan Yogurt Untuk Ibu Hamil
Manfaat dan Keistimewaan Yogurt Untuk Ibu Hamil. Ada mitos yang mengatakan bahwa ibu hamil tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi yogurt, karena konon tidak cocok dan dapat membuat efek samping yang kurang baik bagi ibu hamil dan calon bayi dalam perut. Tetapi apakah itu benar adanya? Untuk hal tersebut diatas sepertinya akan membuat para ibu hamil menjadi was-was ketika minum yogurt. Untuk mengetahui lebih lanjut dan detail tentang apa manfaat yogurt untuk ibu hamil dan mitos yang berkembang dikalangan masyarakat luas, berikut penjelasanya.

Manfaat Dan Keistimewaan Yogurt Untuk Ibu Hamil

Yogurt adalah merupakan jenis makanan yang memiliki kandungan segudang vitamin dan nutrisi yang sangat lengkap didalamnya. Yogurt memiliki rasa yang sangat lezat dan bertekstur sangat lembut, yang hampir menyerupai pudding. Yogurt dibuat dengan cara yang lumayan rumit, yaitu dengan cara difermentasikan terlebih dahulu. Bahan untuk membuat yogurt adalah susu khusus atau sudah pilihan yang dikolaborasikan dengan bakteri penunjang yang aktif, agar mendapatkan lingkungan yang baik. Bakteri yang dimaksud adalah bakteri yang baik untuk tubuh, yaitu seperti bakteri lactobacillus acidophilus, streptococcus thermopiles, dan lactobacillus bulgaricus.

Masih banyak para ibu hamil yang belum percaya dan ragu terhadap kehebatan dan yogurt untuk ibu hamil. Terutama untuk perkembangan sang buah hati, baik untuk kebaikan otak dan tumbuh kembang sang anak nanti setelah terlahir. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat yogurt untuk ibu hamil:

1. Yogurt sebagai sumber kalsium
Dengan banyaknya kalsium yang terkandung pada yogurt, maka makanan ini menjadikan sumber kalsium terbaik.Di setiap cupnya, yogurt memiliki lebih dari 256 mg kalsium. Dan ini menjadi tujuan para ibu hamil dan janin dalam kandunganya untuk memenuhi kebutuhan kalsiumnya guna menjaga kesehatan tulang serta kesehatan kandunganya. Dengan mengkonsumsi yogurt secera teratur saat anda hamil, maka dapat menangkal akan terjadinya cacat syaraf serta masalah pada kesehatan tulang dan gigi.

2. Sebagai sumber probiotik
Kebanyakan ibu hamil akan mengalami sakit pada pencernaanya, seperti sembelit dan masalah dalam pencernaan lainnya. Dalam hal ini, manfaat yogurt untuk ibu hamil adalah membantu mengatasi gangguan pencernaan, sehingga penyakit seperti sembelit dan lainnya dalam pencernaan akan dapat teratasi dengan baik.

3. Sebagai alternative untuk meningkatkan protein
Sudah barang tentu ibu hamil membutuhkan yang namanya protein. Karena dengan protein sang ibu hamil akan memperoleh tenaga dan tubuh menjadi lebih prima. Dengan yogurt hal-hal seperti kecapekan atau kurang berstaminaakan teratasi dengan baik.

4. Untuk memenuhi kebutuhan omega-3
Sangat perlu dan di anjurkan untuk ibu hamil dalam memenuhi kebutuhan akan omega-3, karena dengan omega-3 akan mendukung pembentukan dan perkembangan janin akan lebih sempurna, terutama dalam organ system syaraf, otak, mata, serta dapat sebagai penangkal terbentuknya penyakit jantung pada janin.

5. Untuk menjaga keseimbangan elektrolit pada ibu hamil
Selain kalsium, yogurt juga memiliki banyak kandungan kalium yang sangat baik untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan. Kandungan kalium dalam yogurt yaitu dalam setiap cupnya memiliki 398 mg kalium. Dalam hal ini, manfaat yogurt untuk ibu hamil adalah untuk membantu menjaga kesehatan dan juga denyut jantung pada ibu hamil dan janin. Selain dalam yogurt kandungan kalium bisa anda dapat dari buah pisang.

Demikianlah beberapa manfaat dan keistimewaan manfaat yogurt untuk ibu hamil. Semoga dengan informasi di atas, masalah gangguan kesehatan pada ibu hamil dan janin bisa teratasi dengan baik. Namun anda juga harus memperhatikan jumlah yogurt yang anda konsumsi. Konsumsilah secukupnya saja dan jangan berlebihan.