Jadwal Dan Menu Makan Bayi 7 Bulan

Ibunda Sehat kali ini berbagi artikel tentang Jadwal Dan Menu Makan Bayi 7 Bulan
Jadwal dan menu makan bayi 7 bulan harus diperhatikan dengan baik dan benar. Ketika anak menginjak umur tujuh bulan, anak akan mengalami penumbuhan gigi depan atau yang biasa disebut gigi seri. Gigi yang tumbuh ini berfungsi untuk memotong makanan yang masuk ke dalam mulut sang bayi.

Jadwal Dan Menu Makan Bayi 7 Bulan

Walaupun sang bayi sudah memiliki gigi, bayi belum bisa makan makanan yang biasa kita konsumsi. Sang bayi harus mengonsumsi makanan yang memiliki tekstur halus dan mudah ditelan. Ini dikarenakan sang bayi memiliki sifat sensitif yang tinggi. Sehingga tidak dapat memakan makanan sembarangan. Semakin bertambahnya usia maka semakin besar aktivitas yang di lakukan oleh lambung, menu makannya juga berubah.

Berikut jadwal dan menu makan bayi 7 bulan yang dapat anda terapkan kepada bayi anda:

  • Untuk menu makan bayi 7 bulan pagi hari, anda dapat memberikan ASI setelah sang bayi mandi dan berjemur selama 15 sampai 30 menit. Setelah memberi ASI, berikan makanan bayi sebanyak 3 sampai 5 sendok makan. Alangkah baiknya sebelum memberikan makanan, berikan ASI terlebih dahulu.
  • Untuk menu makan bayi 7 bulan siang hari, anda dapat memberinya sari buah (jeruk, papaya atau pisang) setelah sang bayi bangun dari tidur siangnya. Dengan memberikan sari buah, maka akan membuat sang bayi merasa segar. Selain buah anda juga dapat memberikannya biskuit sebagai cemilannya. Ajarkan bayi anda untuk dapat menggenggam biskuit sendiri.
  • Untuk menu makan bayi 7 bulan sore hari, anda dapat memberikan makan sebanyak 3 sampai 5 sendok yang sebelumnya anda berikan ASI terlebih dahulu. Anda dapat memberikan ASI dan makan tersebut setelah bayi mandi sore.
  • Untuk menu makan bayi 7 bulan malam, hari anda dapat memberikan ASI kepada bayi sepuasnya.

Berikut resep dan menu makan bayi 7 bulan yang dapat anda berikan kepada bayi anda : ASI masih menjadi makanan utama di dalam menu makan bayi 7 bulan, bubur sumsum, nasi tim, sari buah, potongan pisang / papaya dan berbagai jenis biscuit juga dapat menjadi menu makan bayi 7 bulan.

Lauk yang cocok dimasukkan ke dalam menu makan bayi 7 bulan:

  • Ikan tuna
    Ikan tuna sangat baik untuk bayi karena mengandung protein yang sangat tinggi. Kebanyakan bayi sangat menyukai ikan tuna karena ikan tuna memiliki tekstur yang lembut. Ikan tuna dapat di goreng ataupun dibuat menjadi sup sebagai lauk bayi anda.
  • Daging sapi atau ayam
    Anda juga dapat memasukkan daging sapi dan ayam pada menu makan bayi anda. Untuk daging sapi dan ayam dapat anda lumatkan supaya sang bayi dapat menelannya dengan mudah.
  • Telur
    Untuk telur, sebaiknya di rebus. Namun harus anda lumatkan terlebih dahulu agar bayi dapat menelannya dengan mudah.

Itulah beberapa hal tentang jadwal dan menu makan bayi 7 bulan yang sangat penting untuk anda ketahui. Karena bayi pada umur tersebut memerlukan nutrisi yang banyak agar kesehatan dan perkembangan bayi menjadi lancer dan terjaga.