Manfaat Buah Anggur Untuk Ibu Hamil

Ibunda Sehat kali ini berbagi artikel tentang Manfaat Buah Anggur Untuk Ibu Hamil
Buah anggur adalah buah yang enak dan pastinya sangat disukai banyak orang. Buah anggur banyak dijumpai di pasaran, akan tetapi harga buah anggur saat ini cenderung mahal. Walaupun harganya mahal buah anggur memiliki berbagai manfaat buah anggur untuk ibu hamil. Berikut beberapa diantaranya:

Manfaat Buah Anggur Untuk Ibu Hamil

1. Mengatasi sembelit
Ibu hamil seringkali terkena sembelit, sembelit menyerang ibu hamil karena pertumbuhan janin membuat gerak organ pencernaan menjadi lambat, sehingga mengalami sembelit. Sembelit juga dapat disebabkan karena ibu hamil kurang dalam konsumsi serat dan air putih.

Saat terkena sembelit, sebaiknya konsumsi buah anggur, karena buah anggur mengandung asam linoleat yang dapat meringankan sembelit. Saat konsumsi buah anggur sebaiknya juga minum air putih yang cukup.

2. Mengatasi wasir
Wasir seringkali melanda ibu hamil. Wasir yang terjadi pada ibu hamil dapat disebabkan karena sembelit tadi. Saat sembelit otomatis saat buang air besar akan mengejan. Jika terus-terusan terjadi maka akan membuat pembuluh di sekitar anus membengkak dan terjadilah wasir. Ibu pasca melahirkan juga dapat terkena wasir karena proses mengejan agar bayi keluar. Mencegah wasir sebaiknya dilakukan di awal kehamilan, karena wasir dapat menimbulkan rasa sakit yang luar biasa ketika duduk dan buang air besar.

Mencegah timbulnya wasir dapat dilakukan dengan rutin konsumsi buah anggur. Dalam hal ini, manfaat buah anggur untuk ibu hamil adalah dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga akan mengurangi pembengkakan pada pembuluh darah di sekitar anus yang dapat berujung pada wasir.

3. Mengatasi kaki bengkak saat hamil
Buah anggur untuk ibu hamil ternyata juga memiliki manfaat untuk mengatasi keluhan pada kaki saat hamil, yaitu mengatasi sirkulasi yang buruk pada kaki.

4. Menyehatkan tubuh
Buah anggur juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi, antioksidan dapat menyehatkan tubuh karena dapat menghilangkan racun-racun yang ada dalam tubuh. Antioksidan selain membuang racun dalam tubuh juga dapat mencegah terjadinya diabetes. Diabetes dapat mengancam ibu hamil, jika dalam konsumsi makanan tidak terkontrol, yaitu terlalu berlebihan dalam konsumsi makanan yang berlemak dan makanan yang manis-manis.

Jika insulin yang di produksi oleh pankreas kurang cukup untuk menangani kadar gula darah dalam tubuh, maka akan mengancam terkena diabetes saat hamil. Untuk itu saat ibu ingin makan camilan sebaiknya makan camilan seperti buah anggur karena kandungan antioksidan nya dapat mencegah terjadinya diabetes.

5. Menurunkan tekanan darah tinggi
Ibu hamil yang kadar emosionalnya tinggi menjelang kelahiran janin sangat berbahaya apabila ibu akhirnya mengalami darah tinggi. Menjelang kelahiran harusnya ibu dalam kondisi fit, jika tiba-tiba darah tinggi akan membahayakan proses persalinan. Sebaiknya ibu hamil harus menjaga kesabaran jangan sampai terlalu emosional. Dalam hal ini, manfaat buah anggur untuk ibu hamil adalah menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Menjaga kecantikan
Ibu hamil yang tetap ingin cantik sebaiknya konsumsi buah anggur, karena buah anggur dapat meningkatkan elastisitas kulit. Sehingga walaupun hamil, ibu masih tetap bisa tampil cantik. Selain untuk tampil cantik, saat hamil kulit pada perut ibu hamil akan mengalami peregangan yang bisa menimbulkan strechmark, untuk itu elastisitas kulit perlu dijaga. Walaupun perut bertambah besar, kulit tidak akan mengalami peregangan yang berarti karena kulit elastis setelah konsumsi buah anggur yang cukup saat kehamilan.

Akan tetapi ada orang yang alergi terhadap anggur, jadi sebaiknya saat hamil rajin-rajin periksakan ke dokter. Dokter akan memberikan solusi mengenai makanan apa saja yang harus dihindari, serta makanan apa saja yang sebaiknya di konsumsi. Semoga informasi manfaat buah anggur untuk ibu hamil di atas bisa bermanfaat.