Menu Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Ibunda Sehat kali ini berbagi artikel tentang Menu Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda
Menu Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda. Ibu yang sedang hamil muda tentunya harus mencukupi kebutuhan gizinya dengan makan makanan yang banyak mengandung nutrisi baik serta sehat.Ibu yang sedang hamil harus menghidupi bayi yang ada di dalam kandungannya. Untuk itu ibu harus memilih makanan yang sehat serta dapat memberikan nutrisi yang cukup untuk si bayi dalam kandungan. Berikut adalah berbagai menu makanan ibu hamil muda:

Menu Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

1. Makanan yang mengandung karbohidrat
Karbohidrat berfungsi untuk pertumbuhan dan perkembangan janin agar mencapai berat badan yang normal. Menu makanan ibu hamil muda yang dapat memberikan asupan nutrisi berupa karbohidrat diantaranya nasi, jagung, ubi-ubian, kentang, dan gandum. Dalam sehari ibu dapat mendapat karbohidrat dengan makan nasi saat makan tiga kali sehari. Saat ibu ingin makan camilan ibu dapat memilih camilan seperti roti, kue dan lainnya. Akan tetapi harus diingat makan makanan yang mengandung karbohidrat jangan berlebihan.

2. Makanan yang mengandung protein
Makanan yang mengandung protein banyak sekali dijumpai di sekitar kita, seperti telur, daging kambing, daging ayam, ikan laut, ikan air tawar, kacang-kacangan, dan lain sebagainya. Olahan dari bahan makanan tersebut dapat dijadikan menu makanan ibu hamil mudasehari-hari. Dari makanan tersebut ibu dapat membuat berbagai macam menu masakan seperti omelet, ayam bakar, rendang, ikan asap, seafood, dan yang lainnya. Protein bermanfaat untuk mengganti sel-sel tubuh yang rusak serta dapat memicu pertumbuhan sel-sel baru.

3. Makanan yang mengandung kalsium
Kalsium dapat di peroleh dari susu dan olahannya, seperti yogurt, keju, minuman susu dan lainnya. Susu dapat ibu konsumsi saat ibu ingin makan camilan di siang atau malam hari. Kalsium berfungsi untuk memperkuat tulang dan gigi si janin.

4. Makanan yang mengandung vitamin
Vitamin sangat diperlukan untuk membantu proses perkembangan dan pertumbuhan janin agar sempurna. Vitamin dapat diperoleh dari sayuran serta buah-buahan. Sayuran yang dapat dimasukkan ke dalam menu makanan ibu hamil muda yaitu wortel, bayam, brokoli dan lainnya.Vitamin yang berasal dari buah-buahan sangat banyak sekali. Buah juga dapat di konsumsi dengan cara di jus.

5. Makanan yang mengandung lemak
Walaupun lemak dianggap negatif untuk tubuh, akan tetapi lemak sangat berguna untuk pemecahan vitamin di dalam tubuh. Asupan lemak saat hamil muda juga sangat diperlukan agar vitamin dapat berfungsi maksimal saat bekerja di dalam tubuh. Lemak yang baik dapat diperoleh dari buah alpukat. Lemak juga dapat diperoleh dari susu, yaitu lemak tak jenuh atau bisa juga pilih susu yang rendah lemak untuk di konsumsi. Lemak juga dapat diperoleh dari daging dan ikan.

6. Makanan yang mengandung zat besi
Zat besi dapat diperoleh dari daging, hati, dan sayuran. Zat besi berfungsi untuk kesehatan plasenta. Berbagai menu makanan ibu hamil muda yang mengandung zat besi antara lain salad sayur, sambal goreng hati, sate sapi, dan lain sebagainya.

Saat hamil, ibu wajib makan teratur 3 kali sehari yaitu saat pagi sarapan, makan siang, dan yang ketiga yaitu makan malam. Menu makanan pagi ibu hamil muda yang cocok adalah omelet, nasi, oseng-oseng, kacang panjang, air putih, dan jangan lupa minum susu dan makan buah. Menu makan siang, ibu dapat konsumsi sayur lodeh, atau sup wortel yang dicampur dengan brokoli. Kemudian ada nasi putih atau nasi merah, tempe goreng atau ikan goreng, jus, dan minum air putih. Sedangkan untuk makan malam ibu dapat memilih tumis kangkung, daging sapi goreng, nasi, air putih, buah, dan minum susu. Semoga informasi menu makanan ibu hamil muda di atas bisa bermanfaat.