Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil Dalam Setiap Kandungannya

Ibunda Sehat kali ini berbagi artikel tentang Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil Dalam Setiap Kandungannya
Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil Dalam Setiap Kandungannya. Kurma adalah buah yang sangat digemari banyak orang, khususnya orang Muslim. Di bulan Ramadhan banyak sekali orang yang mencari kurma untuk dijadikan santapan ketika berbuka puasa. Kurma banyak sekali macam jenisnya, dan harganya pun sangat beragam. Mulai dari yang paling mahal sampai yang paling murah sekali pun. Kurma banyak dicari orang karena kandungan dari buah kurma yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, terutama bagi ibu hamil. Bahkan buah kurma dapat mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh dalam sehari. Berikut manfaat kurma untuk ibu hamil dalam setiap kandungannya.

Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil Dalam Setiap Kandungannya

1. Zat Besi dan Kalsium
Bagi ibu yang sedang hamil, sangat dianjurkan untuk konsumsi buah kurma. Buah kurma yang sudah matang mengandung besi dan kalsium. Kalsium sangat diperlukan ibu hamil untuk pertumbuhan tulang dan gigi si janin. Kalsium juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Osteoporosis terjadi pada ibu hamil ketika kekurangan kalsium. Jika ibu kekurangan kalsium, maka si janin akan mengambil kalsium dari tulang ibu dan terjadilah osteoporosis.

Selain minum susu, untuk mencukupi kebutuhan kalsium ibu dapat konsumsi buah kurma sebagai tambahan kalsium untuk tubuh. Kalsium dan besi juga dapat menguatkan rahim ketika melahirkan, menggantikan energi bagi ibu selepas melahirkan, serta dapat membantu pembentukan ASI. Kurma untuk ibu hamil juga dapat membantu persalinan si janin agar selamat beserta ibunya.

2. Glukosa
Ibu hamil yang sedang berpuasa, sebaiknya konsumsi buah kurma, karena buah kurma mengandung glukosa yang dapat menggantikan energi ibu hamil setelah seharian berpuasa.

3. Vitamin A
Buah kurma mengandung vitamin A yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan serta pertumbuhan janin di dalam kandungan. Vitamin A dapat membantu pertumbuhan tulang, kekebalan tubuh, kesehatan mata, dan dapat melembabkan kulit.

4. Potasium
Buah kurma juga mengandung potasium, potasium dapat menetralisir sisa-sisa proses pencernaan yang tertinggal. Manfaat lainnya kurma untuk ibu hamil adalah untuk pencernaan yaitu dapat melancarkan buang air besar karena mengandung sejumlah serat.

5. Hormon potuchsin
Ibu sehabis melahirkan disarankan untuk tetap konsumsi buah kurma, karena dapat mengembalikan posisi rahim setelah melahirkan. Kurma mengandung hormon potuchsin yang berfungsi untuk mengecilkan pembuluh darah sehingga dapat mengecilkan rahim seusai melahirkan. Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa buah kurma juga dapat melancarkan produksi ASI seusai melahirkan. Setelah melahirkan ibu akan kekurangan energi yang sangat banyak, karena saat melahirkan ibu mengeluarkan energi yang besar. Kurma dapat membantu memulihkan energi tersebut dalam waktu yang cepat, karena kandungan glukosa dan protein dalam kurma yang mudah diserap oleh tubuh.

6. Mencegah stroke
Buah kurma juga dipercaya dapat mencegah stroke. Selain itu buah kurma juga dapat menjaga menenangkan sel-sel saraf, kekebalan tubuh terhadap infeksi, dan metabolisme lemak. Dalam agama Islam, buah kurma dapat menjadi obat Ruqyah untuk mencegah dari gangguan jin.

Selain dimakan secara langsung, buah kurma dapat diolah menjadi berbagai masakan yang lezat. Buah kurma dapat digunakan untuk campuran kue dan roti. Buah kurma biasanya juga diolah menjadi sirup kurma dan berbagai makanan yang lainnya. Jangan khawatir kandungan pada buah kurma akan hilang setelah di olah, karena kandungan nutrisi pada kurma yang sudah diolah akan tetap ada. Akan tetapi bagi ibu hamil dalam memilih produk olahan kurma sebaiknya pilih yang jauh dari kandungan kimia dan pengawet yang berbahaya. Ibu yang hamil dilarang untuk konsumsi makanan yang mengandung bahan kimia serta pengawet yang non alami, karena akan membahayakan kondisi janin di dalam kandungan. Semoga informasi manfaat kurma untuk ibu hamil di atas bisa bermanfaat.