Beberapa Manfaat Senam Hamil Bagi Ibu dan Janin

Ibunda Sehat kali ini berbagi artikel tentang Beberapa Manfaat Senam Hamil Bagi Ibu dan Janin
Beberapa Manfaat Senam Hamil Bagi Ibu dan Janin. Sudah barang tentu apabila wanita yang sedang hamil melakukan berbagai cara untuk menjaga kehamilanya. Karena kehamilan merupakan anugerah yang terindah yang diberikan Tuhan setelah kita melakukan pernikahan. Bukan hanya pasangan pengantin baru saja yang menunggu kehamilan dan kelahiran seorang bayi, akan tetapi semua keluarga besar. Berbagai cara yang dilakukan untuk menjaga kesehatan kehamilan diantaranya yaitu perawatan pijat sampai makanan yang teratur dan bergizi. Namun perlu juga anda ketahui bahwa, ibu hamil juga perlu melakukan olahraga. Salah satunya olahraga yang baik dilakukan oleh ibu hamil adalah senam hamil. Manfaat senam hamilsangatlah banyak, bukan hanya untuk ibunya saja, namun juga untuk janin yang dikandung.

Beberapa Manfaat Senam Hamil Bagi Ibu Dan Janin

Olahraga seperti senam hamil ini adalah sejenis senam yang sudah diuji kelayakan dan keamananya terhadap hal-hal yang membahayakan sang ibu hamil. Gerakan senam hamil cukup aman untuk dilakukan, karena setiap gerakanya sudah disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan ibu hamil, dan sangat berbeda dengan gerakan senam umum. Tujuan yang diharapkan atau manfaat senam hamil adalah untuk menjaga sekaligus menyehatkan ibu hamil, serta kedepan dapat memberikan kelancaran ketika dalam proses persalinan. Senam hamil ini akan melatih otot-otot dan bagian tubuh lain yang berhubungan dengan kelancaran dalam proses persalinan seperti otot perut, otot paha dan juga tulang panggul.

Manfaat Senam Hamil


Manfaat utama dari senam hamil ini yaitu untuk memberikan kekuatan-kekuatan pada organ tubuh. Meskipun gerakan-gerakannya yang sangat ringan untuk dilakukan, namun jika melakukanya secara rutin maka akan mendapatkan hasil yang baik.

Beberapa rangkaian manfaat senam hamil yaitu meliputi:

1. Melatih cara pernapasan
Dengan rutinitas melakukan senam hamil, maka anda akan baik dalam teknik pernapasan. Dan anda juga akan mendapatkan oksigen secara lebih optimal. Dan hal tersebut sangat membantu sekali untuk persiapan nanti ketika akan menjalani proses persalinan.

2. Memberikan kekuatan pada otot
Rasa nyeri pada bagian tubuh bawah seperti di perut dan bokong, biasanya banyak terjadi pada ibu yang sedang dalam masa kehamilan. Dalam hal ini, manfaat senam hamil yaitu dapat memberikan antisipasi dan kenyamanan pada dinding perut, dan area bokong anda bebas dari rasa nyeri.

3. Untuk melatih relaksasi
Banyak sekali manfaat senam hamil. Selain beberapa manfaat di atas, masih ada lagi manfaat lainnya.Yaitu seperti untuk melatih relaksasi pada ibu hamil. Relaksasi sangat dibutuhkan sekali untuk ibu hamil dalam mempersiapkan detik-detik persalinan. Karena relaksasi akan mengatasi rasa sakit dan juga ketegangan selama anda sedang dalam proses persalinan.

4. Mengurangi keluhan ibu hamil
Keluhan yang dimaksud adalah terhadap bentuk tubuh yang semakin mengembang dan berat. Dengan mengikuti senam hamil ini maka anda akan merasa lebih percaya diri dengan kondisi tubuh anda. Karena jika anda melakukanya secara rutin, dapat membantu mengencangkan dan memperindah tubuh walaupun sedang dalam keadaan hamil.

5. Memudahkan dan memperlancar persalinan
Sudah pasti dengan rutin melakukan senam hamil akan memberikan kemudahan dan kelancaran apabila nanti anda melakukan persalinan. Manfaat senam hamil ini sudah terbukti di beberapa tempat didunia, bahkan para ahli kehamilan sudah percaya dengan hal ini.

Untuk menghindari cidera saat melakukan senam hamil yang tidak diinginkan, maka sebaiknya konsultasi terlebih dahulu pada dokter kandungan anda. Selain itu, lakukan olahraga atau senam hamil tersebut dengan instruksi dari pengawas ahli ataupun dengan tuntunan guru senam hamil secara langsung. Semoga informasi manfaat senam hamil di atas dapat bermanfaat.