Manfaat dan Aturan Puasa Untuk Ibu Hamil

Ibunda Sehat kali ini berbagi artikel tentang Manfaat dan Aturan Puasa Untuk Ibu Hamil
Puasa untuk ibu hamil sebenarnya boleh-boleh saja, asalkan si ibu kuat menjalaninya. Ibu yang sedang hamil lalu berpuasa sangat diperbolehkan, asalkan saat sahur dan berbuka tetap konsumsi makanan yang cukup dan bergizi tinggi. Makanan yang ibu konsumsi saat sahur harus dapat memberikan energi yang cukup untuk menjalani puasa seharian. Saat sahur ibu harus konsumsi makanan yang mengandung gizi cukup. Contohnya nasi merah atau bisa juga nasi putih, sayuran tumis kangkung atau brokoli dan wortel. Kemudian ikan atau daging goreng dan tempe untuk memenuhi kebutuhan protein.

Manfaat Dan Aturan Puasa Untuk Ibu Hamil

Ibu juga dapat mendapatkan protein yang lain dari tahu atau tempe goreng. Selain itu minumlah air putih dua gelas dan konsumsi buah seperti pisang, apel atau anggur. Jangan lupa juga minum susu, agar gizi yang diperoleh lengkap untuk memberikan energi saat puasa seharian. Saat berpuasa, sebaiknya ibu hamil menghindari kerja yang berat. Seperti berjalan dalam jarak yang jauh, mengangkat beban berat, dan mengerjakan hal berat lainnya. Ibu hamil yang berpuasa sebaiknya juga harus istirahat atau tidur misal dua atau satu jam saat siang hari.

Kemudian saat buka puasa, yang pertama kali harus dikonsumsi adalah air putih. Lalu jika ada, makanlah dua sampai tiga biji kurma. Setelah itu lanjutkan dengan makan besar, menu yang dapat ibu hamil pilih saat berbuka puasa yaitu, bisa makanan yang manis seperti kolak atau sup buah. Makanan yang manis-manis baik di konsumsi ibu hamil untuk mengisi energi setelah seharian puasa. Setelah makan yang manis, menu masakan yang dapat ibu pilih saat buka puasa yaitu nasi merah, sayur sup, tahu atau tempe goreng, ikan goreng, dan yang lainnya. Tetap harus konsumsi buah setelah itu minum air putih yang cukup.

Setelah buka puasa selesai, jika ibu ingin makan camilan, ibu dapat memilih makanan seperti keripik, kacang almond, buah pisang, kue, dan yang lainnya. Akan lebih baik jika mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi yang bermanfaat untuk janin di dalam kandungan. Saat menjelang tidur sebaiknya minum susu yang telah dianjurkan untuk ibu hamil. Susu dapat melengkapi gizi yang sangat bermanfaat untuk ibu dan janin di dalam kandungan.

Di dalam Islam, puasa untuk ibu hamil juga diperbolehkan. Karena berpuasa akan melatih bayi yang ada di dalam kandungan untuk berlatih sabar. Sama halnya orang yang sedang berpuasa, berlatih sabar untuk menahan hawa nafsu seperti makan dan minum serta melakukan hal-hal yang berbau maksiat. Apabila ibu hamil yang tidak sanggup berpuasa, maka dapat membayarnya dengan fidyah yang telah ditentukan dalam Al Qur’an.

Ibu yang sedang hamil lalu ingin dan kuat berpuasa sebaiknya berpuasalah, karena dengan berpuasa juga akan menjaga kesehatan tubuh, baik untuk ibu maupun janinnya. Banyak penelitian mengungkapkan bahwa puasa untuk ibu hamil dapat memberikan kesempatan organ pencernaan untuk istirahat. Selain itu, puasa juga dapat membersihkan racun-racun yang ada di tubuh.

Ibu yang berpuasa harus tetap konsumsi makanan bergizi yang seimbang serta cukup-cukup dalam konsumsi karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin, kalsium, zat besi, dan yang lainnya. Dengan nutrisi yang cukup ibu dapat tahan seharian berpuasa, walaupun melakukan kegiatan. Akan tetapi harus diingat, seperti yang dijelaskan di atas walaupun tetap boleh melakukan aktivitas tetapi tidak boleh berlebihan.

Demikianlah beberapa informasi mengenai puasa untuk ibu hamil. Pada intinya, ibu hamil tetap diperbolehkan untuk berpuasa dan tidak akan mengganggu kesehatan janin yang dikandung. Semoga bermanfaat.