Manfaat Dan Sumber Kalsium Untuk Ibu Hamil

Ibunda Sehat kali ini berbagi artikel tentang Manfaat Dan Sumber Kalsium Untuk Ibu Hamil
Manfaat Dan Sumber Kalsium Untuk Ibu Hamil. Kalsium adalah zat mikro mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, yaitu lebih dari 100 mg per harinya. Dan fungsi daripada kalsium untuk tubuh adalah sebagai nutrisi yang akan masuk kedalam tulang, sehingga akan lebih kuat dan tahan dari masalah pengeroposan tulang atau oesteoporosis. Jadi seseorang harus mencukupi kebutuhan kalsium hariannya, apalagi bagi ibu hamil. Kebutuhan kalsium untuk ibu hamil yang tercukupi akan membantu pembentukan tulang dan gigi pada janin yang dikandungnya.

Manfaat Dan Sumber Kalsium Untuk Ibu Hamil

Apabila seorang ibu hamil kekurangan kalsium, makaakan menjadi masalah besar yang sangat fatal, yaitu osteoporosis. Dan jika ini dibiarkan begitu saja, maka akanberdampak sangat nyata dalam jangka panjang. Bahaya lain yang dapat terjadi yaitu menghambat pertumbuhan tulang dan gigi pada calon bayi dalam kandunganya, dan pertumbuhan anak akan kurang optimal.

Seperti yang kita ketahui bahwa kehamilan merupakan moment yang sangat ditunggu-tunggu oleh para keluarga muda yang baru melakukan pernikahan dan juga keluarga besar. Dan masa-masa kehamilan itulah saat dimana sang calon ibu harus lebih memperhatikan akan kebutuhan gizi dan nutrisi yang harus dikonsumsi. Dan salah satunya adalah kebutuhan kalsium yang sangat pas dan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Karena dengan kalsium yang terpenuhi dengan baik, maka akan dapat menyehatkan sang ibu dan janin yang ada dalam kandungan. Kalsium yang di konsumsi secara teratur nantinyaakan memberikan dampak yang positif, terutama untuk memperkuat tulang. Dan jika sang ibu kekurangan kalsium yang parah akan menyebabkan tulang sang bayi akan mudah rapuh. begitu juga ibunya.

Kandungan kalsium yang pas untuk mencukupi kebutuhan dari ibu hamil adalah sekitar 1200 mg per harinya, dan sudah melampaui batas normal dari kebutuhan harian yaitu sebesar 1000 mg per harinya. Hal yang paling ditakutkan dan sangat berbahaya jika sang ibu hamil sampai kekurangan asupan kalsium adalah darah akan mengambil kebutuhan kalsium harianya dari tulang anda. Dan bila hal tersebut dibiarkan saja tanpa ada penanggulangan, makaakan dapat menyebabkan sang ibu mengalami pengeroposan tulang (osteoporosis).

Kebutuhan kalsium untuk ibu hamildapat dipenuhi melalui beberapa makanan yang banyak mengandung kalsium, seperti: susu, susu kedelai, salmon, yogurt, sarden, keju buah-buahan kering dan juga beberapa jenis sayuran dan biji-bijian.

Berikut sedikit penjelasannya:

1. Keju
Seperti yang kita ketahui, keju adalah makanan yang terbuat dari bahan susu yang banyak sekali mengandung vitamin, nutrisi, protein, mineral, fosfor, kolesterol dan kalsium. Sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil guna membantu memenuhi kebutuhan kalsium untuk ibu hamil.

2. Yoghurt
Yogurt juga merupakan produk dari susu yang sudah di fermentasi dengan bakteri yang baik, sehingga memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Selain itu, yogurt juga banyak mengandung vitamin dan nutrisi lainnya yang sangat baik untuk kondisi ibu hamil.

3. Kacang kedelai
Selain dari produk susu, kebutuhan kalsium untuk ibu hamil dapat pula diperoleh dari kacang-kacangan. Dalam satu cangkir kedelai yang direbus dan di ambil sarinya,akan menghasilkan sekitar 261 mg kalsium.Sehingga sangat tepat untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

4. Sayuran hijau
Kalsium dapat pula didapat dari sayuran hijau, seperti brokoli dan juga bayam.Kedua sayuran hijau tersebut memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi, dan ini merupakan asupan yang baik untuk ibu hamil.

Itulah beberapa manfaat kalsium untuk ibu hamil dan juga bahan makanan yang menjadi sumber kalsium.Semoga artikel ini dapat menjadi pedoman untuk anda dalam menjaga keseimbangan kalsium pada kandunganya.