Gerakan Senam Hamil Untuk Mencegah Bayi Sungsang

Ibunda Sehat kali ini berbagi artikel tentang Gerakan Senam Hamil Untuk Mencegah Bayi Sungsang
Gerakan Senam Hamil Untuk Mencegah Bayi Sungsang. Ada beberapa kasus bayi lahir sungsang, yaitu di mana yang seharusnya kepala keluar terlebih dahulu. Akan tetapi dalam kasus bayi sungsang kaki si bayi yang keluar terlebih dahulu saat dilahirkan. Ibu yang melahirkan bayi sungsang akan kesusahan saat melahirkan secara normal. Untuk itu ada berbagai alternatif untuk ibu hamil mencegah bayi lahir sungsang, diantaranya adalah dengan melakukan senam hamil untuk mencegah bayi sungsang. Berikut beberapa diantaranya:

Gerakan Senam Hamil Untuk Mencegah Bayi Sungsang

1. Knee Chest Position
Senam untuk menghindari bayi terlahir sungsang yang pertama adalah dengan knee chest position, yaitu posisi menungging ke arah samping. Caranya, ibu hanya menungging ke arah samping, dan lakukan hal ini beberapa menit dalam sehari. Saat akan tidur atau setelah tidur, ibu dapat melakukan senam ini. Ingat lakukan kegiatan ini secara perlahan dan jangan terlalu kuat saat menekan perut.

Bayi yang semakin besar akan membuat ruang rahim semakin sempit dan bayi sulit bergerak. Untuk itu, setiap beberapa bulan sekali ada baiknya jika ibu memeriksakan kandungannyauntuk mengetahui posisi bayi dalam keadaan normal atau dalam posisi sungsang. Dengan knee chest position akan merangsang bayi untuk bergerak memutar.

2. Berjalan
Aktivitas yang satu ini juga dapat mencegah ibu hamil melahirkan bayi sungsang. Berjalan pelan saja dan santai, ibu dapat melakukan kegiatan ini saat pagi dan sore hari. Selain itu berjalan juga dapat menyehatkan badan.

3. Latihan Pernapasan
Latihan napas juga dapat membantu ibu hamil dalam proses persalinan nanti. Yaitu dengan ambil napas dalam-dalam kemudian dikeluarkan pelan-pelan. Begitu pun selanjutnya, lakukan sampai beberapa kali.

4. Yoga
Ada juga yoga khusus ibu hamil. Dengan yoga akan membuat pikiran ibu hamil menjadi tenang. Yoga khusus ibu hamil juga dapat mencegah terjadinya bayi lahir sungsang. Karena di olahraga ini akan dilatih bagaimana gerakan-gerakan yang dapat merangsang bayi untuk memutar badannya, sehingga akan lahir dengan posisi yang normal.

5. Berenang
Berenang juga sangat baik untuk ibu hamil. Berenang akan melatih pernapasan ibu hamil yang sangat berguna untuk proses persalinan nanti. Berenang juga dapat mencegah bayi lahir sungsang. Sebaiknya lakukan olahraga renang dengan di dampingi seorang ahli, agar ibu mengetahui bagaimana posisi renang yang sesuai serta benar untuk ibu hamil. Berenang juga dapat melentur kan otot-otot. Saat proses persalinan nanti ibu membutuhkan energi yang kuat, untuk itu melatih otot sejak dini dimulai dari kehamilan dapat membantu saat proses persalinan.

Memutar posisi bayi dengan cara memijat perut. Banyak ibu hamil melakukan cara ini untuk menghindari bayi lahir sungsang, padahal cara ini salah dan dapat membahayakan ibu serta janinnya. Memijat secara asal padahal kita tidak tahu posisi bayi yang sebenarnya dalam kandungan sangat berisiko. Untuk itu hindari memijat perut saat hamil untuk menghindari bayi yang lahir sungsang.

Tidur dengan posisi yang tepat juga dapat membantu ibu terhindar dari bayi lahir sungsang. Posisi tidur yang benar saat hamil adalah dengan miring ke kanan. Dalam agama islam tidur dengan posisi miring ke kanan sangat dianjurkan karena akan berdampak baik untuk kesehatan, seperti kesehatan jantung. Dengan tidur dengan posisi miring ke kanan, maka paru-paru yang ada di sebelah kiri tidak akan menekan jantung, karena posisi paru-paru di sebelah kiri lebih rendah dari jantung daripada paru-paru kanan. Posisi tidur miring ke kanan bagi ibu hamil juga dapat membuat oksigen ke bayi lebih banyak. Untuk itu saat tidur sebaiknya dengan posisi miring ke kanan.

Demikian adalah beberapa gerakan senam hamil untuk mencegah bayi sungsang dan hal-hal yang harus anda lakukan.Semoga bermanfaat.