Cara Mencegah dan Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil

Ibunda Sehat kali ini berbagi artikel tentang Cara Mencegah dan Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil
Cara Mencegah dan Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil. Sudah menjadi rahasia umum jika sang ibu hamil mengalami masalah pada tubuhnya, terutama sakit punggung. Akan tetapi walaupun sudah menjadi sesutu yang mesti terjadi pada setiap ibu hamil, janganlah sakit punggung ini dijadikan seperti penyakit yang enteng dan tidak begitu di perhatikan secara seksama, namun harus mendapat perhatian yang lebih. Penyebab utama sakit punggung saat hamil adalah dengan naiknya berat badan anda, serta hormone yang ada pada tubuh akan mengendurkan otot-otot.

Cara Mencegah dan Mengatasi Sakit Punggung Saat Hamil

Untuk hal tersebut di atas jangan perlu untuk terlalu di ambil pusing dan ditakutkan, karena sakit punggung dapat dicegah dan dapat pula di obati. Ibu dapat mempertimbangkan cara-cara untuk menyembuhkan sakit punggung saat hamil dengan menggunakan beberapa cara di bawah ini, diantaranya yaitu:

1. Melatih sikap tubuh dengan baik
Anda harus sadar bahwa badan anda semakin lama akan semakin berkembang, terutama perut. Dan gravitasi tubuh anda akan berpindah kedepan pula. Untuk menjaga agar anda tidak terjatuh karena kurang keseimbangan jika perut sudah semakin membesar, anda dapat mencari sandaran untuk mengamankan punggung anda. Dan berikut adalah prinsip-prinsip tubuh yang baik untuk membantu mencegah sakit punggung saat hamil.
  • Berdirilah dengan tegak
  • Tariklah dagu anda dengan tinggi
  • Pastikanlah bahwa pundak anda sudah bersandar dengan rileks dan nyaman
  • Dan jangan mengatupkan lutut anda.
Selain itu, sikap baik yang juga harus anda lakukan yaitu selalu berhati-hati setiap kali akan melakukan sesuatu, dan usahakan tetap aman dan nyaman.

2. Gunakanlah pakaian yang tepat
Gunakanlah pakaian yang tepat agar sakit punggung saat hamil tidak terjadi. Misalnya seperti dari bagian kaki, gunakanlah sepatu dengan hak yang rendah dan memiliki lekukan yang nyaman saja. Gunakanlah baju dan celana khusus untuk ibu hamil agar leluasa dalam memakainya.

3. Angkat benda dengan posisi yang tepat
Untuk menjaga keamanan ketika sedang hamil, apalagi hamil sudah besar atau trimester ke 2 dan ke 3, angkatlah beban dengan posisi yang tepat. Misalnya ketika anda akan mengangkat benda, walaupun itu kecil anda harus dengan posisi jongkok. Dan perlu juga untuk diperhatikan jika anda akan bangkit dari jongkok, janganlah menekuk pinggang tetapi berdirilah kembali dengan posisi badan lurus ke atas. Lalu angkatlah dengan kaki anda atau angkat dengan punggung anda.

4. Posisi tidur
Cara yang paling baik untuk mencegah sakit punggung saat hamil yaitu mengatur posisi tidur dengan baik. Tidurlah dengan posisi menyamping ke sebelah kanan. Posisinya yaitu miring ke kanan kemudian lutut anda di tekuk. Lalu siapkan bantal guling sebagai penyangga salah satu kaki anda.

5. Pola hidup sehat dengan berolahraga
Menghindari sakit punggung saat hamil juga bisa dilakukan dengan melakukan beberapa kegiatan ringan, seperti melakukan olahraga. Olahraga yang bisa anda lakukan yaitu olahraga yang ringan. Misalnya yaitu berjalan kaki atau juga anda dapat melakukan aktifitas lain seperti berenang. Dengan melakukan kegiatan atau aktifitas tersebut dengan rutin, sudah pasti akan memberikan sesuatu dampak yang positif bagi tubuh anda, seperti mengurangi ataupun mencegah sakit punggung pada ibu hamil.

Demikianlah beberapa cara mencegah dan mengatasi sakit punggung saat hamil. Semoga informasi di atas dapat memberikan dampak yang positif untuk ibu-ibu hamil. Yang paling utama adalah menjaga serta mengatur pola hidup anda dengan baik dan benar. Selamat mencoba dan semoga bisa membantu mengatasi masalah punggung yang terjadi ketika masa kehamilan.