Kandungan dan Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Ibunda Sehat kali ini berbagi artikel tentang Kandungan dan Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil
Kacang hijau adalah jenis kacang-kacangan yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Kacang hijau dapat diolah menjadi berbagai makanan, seperti bubur kacang hijau, kue citak atau kue cina, onde-onde, dan yang lainnya. Selain dapat dijadikan berbagai masakan, kacang hijau mengandung banyak zat gizi yang sangat dibutuhkan khususnya untuk ibu hamil. Berikut adalah kandungan gizi pada kacang hijau dan berbagai manfaat kacang hijau untuk ibu hamil:

Kandungan dan Manfaat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

1. Serat
Kacang hijau mengandung serat yang dapat menjaga kesehatan pencernaan, yaitu dapat membantu kelancaran proses pencernaan. Sehingga dapat mencegah terjadinya sembelit yang dapat mengakibatkan wasir. Ibu hamil seringkali terkena wasir karena organ pencernaan yang berjalan lambat akibat dari kehamilan.

2. Karbohidrat Kompleks
Kacang hijau mengandung karbohidrat kompleks. Dalam hal ini, manfaat kacang hijau untuk ibu hamil adalah dapat membuat perut menjadi kenyang tanpa harus konsumsi nasi berlebihan. Ibu hamil yang tidak ingin mengalami kelebihan berat badan sebaiknya konsumsi kacang hijau.

3. Protein
Protein bermanfaat untuk membantu perkembangan serta pertumbuhan bayi di dalam kandungan. Protein dapat ditemukan pada kacang hijau, kandungan protein pada kacang hijau mencapai 24%. Pertumbuhan dan perkembangan janin, seperti pertumbuhan rambut sangat memerlukan protein yang cukup, untuk itu bagi ibu hamil sebaiknya konsumsi kacang hijau sebagai pelengkap nutrisi harian.

4. Lemak Rendah
Ibu hamil yang tidak ingin memiliki berat badan berlebih, sebaiknya konsumsi kacang hijau. Ini karena kacang hijau rendah lemak. Lemak pada kacang hijau terdiri dari lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh sangat baik untuk kesehatan jantung. Dalam hal ini, kacang hijau untuk ibu hamil dapat mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah yang dapat memicu serangan jantung. Kacang hijau juga dapat meningkatkan kesehatan pembuluh arteri.

5. Vitamin B1
Vitamin B1 yang terkandung pada kacang hijau dapat bermanfaat untuk proses pertumbuhan janin di dalam kandungan. Janin yang ada di dalam kandungan mengalami pertumbuhan yang cukup cepat, untuk itu dengan vitamin B1, pertumbuhan pada janin akan lebih optimal. Vitamin B1 juga dapat juga dapat membantu kerja saraf pada tubuh. Seseorang yang kekurangan vitamin B1 akan mengalami gangguan saraf seperti kurang bersemangat, mudah tersinggung, dan tidak dapat berkonsentrasi. Selain itu vitamin B1 dapat membantu dalam oksidasi karbohidrat untuk diubah menjadi energi.

6. Fosfor dan Kalsium
Kandungan fosfor serta kalsium pada kacang hijau berfungsi untuk memperkuat tukang. Kalsium sangat diperlukan ibu hamil untuk mencegah kekurangan kalsium yang dapat mengakibatkan osteoporosis. Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil dengan adanya kandungan kalsium yaitu membantu pertumbuhan tulang pada bayi, jadi sebaiknya konsumsi kacang hijau saat hamil.

7. Dapat meningkatkan nafsu makan
Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil yang selanjutnya yaitu dapat meningkatkan nafsu makan. Ibu yang hamil harus makan yang cukup agar nutrisi untuk janin dapat terpenuhi. Jika ibu hamil kurang mengkonsumsi makanan, maka akan mempengaruhi asupan nutrisi yang masuk ke tubuh. Jadi bayi akan kekurangan nutrisi, sehingga pertumbuhan serta perkembangannya tidak optimal.

8. Membantu penyerapan protein
Protein yang masuk ke tubuh harus diserap terlebih dahulu, penyerapan protein tersebut dapat dibantu oleh vitamin B2. Vitamin ini terkandung di dalam kacang hijau, sehingga penyerapan protein dapat maksimal dan kebutuhan tubuh akan protein dapat tercukupi dengan baik.

Itulah beberapa kandungan gizi dan manfaat kacang hijau untuk ibu hamil. Konsumsi kacang hijau sangat baik untuk ibu hamil. Jadi tidak ada salahnya saat hamil, ibu memenuhi kebutuhan nutrisinya dengan konsumsi kacang hijau. Semoga bermanfaat.